Minggu, 29 Maret 2015

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN ( RPL )
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAYANAN KONSELING INDIVIDU


   I.        A. Sekolah                        : S
B. Kelas /Jurusan            : IX.1    
C. Sasaran Layanan        : Konseli kode : An 201401
D. Alokasi waktu             : 1 x 45 Menit
E. Bidang Layanan          : Belajar dan Karir
F. Fungsi Layanan           : Pemahaman dan Pengentasan
G. Bentuk Layanan          : Individual
H. Tempat Layanan         : Ruang Konseling Individual

  II.        Topik/permasalahan:
Kebingungan menentukan pilihan studi lanjutan ( SMA atau SMK) menyebabkan malas belajar

 III.        Kompetensi Tugas Perkembangan :
      Tugas perkembangan  (6):  Mengembangkan pengetahuan dan karir untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau persiapan karir serta berperan dalam kehidupan di masyarakat

IV.        Tujuan Layanan:
Konseli menjadi mantap belajar

 V.        Materi  :                         
Bingung memilih studi lanjutan menyebabkan konseli malas belajar

VI.        Langkah Kegiatan Layanan :

NO
KEGIATAN LAYANAN

ALOKASI WAKTU
A
TAHAP AWAL
1.     Penerimaan: situasi konseling sejak awal menjadi tanggung jawab konseli, untuk itu konselor menyadarkan konseli
2.     Rapport dan penstrukturan


5 Menit
B
TAHAP INTI
1.     Mengungkap penyebab masalah: Konselor memberanikan konseli agar ia mampu mengemukakan perasaannya.
2.     Langkah treatment :
a.     Konselor menerima perasaan konseli serta memahaminya
b.    Konselor berusaha agar konseli dapat memahami dan menerima keadaan dirinya
c.     Konseli menentukan pilihan sikap dan tindakan yang akan diambil
d.    Konseli merealisasikan pilihannya itu.
10 Menit
C
TAHAP AKHIR
1.     Menyimpulkan hasil konseling
2.     Mengadakan evaluasi
3.     Menyusun jadwal pertemuan lanjutan
4.     Menutup konseling

5 Menit


VII.        Alat /Media /Sumber        : 
1.     Angket minat
2.     Data nilai rapor SMP/MTs Semester !, 2, 3, 4, dan 5
3.     Prestasi non akademik (jika ada)

VIII.        Rencana Penilaian            :
1.     Prosedur Penilaian     :
a.     Penilaian Proses
Penilaian terhadap proses pelaksanaan konseling dengan observasi ( terlampir)
b.    Penilaian hasil dengan interview :
-    Understanding       : Pemahaman  baru  apa  yang diperoleh konseli
-    Comfort                : Bagaimana perasaan konseli setelah mengikuti  konseling
-    Action                   : Apa yang akan dilakukan konseli setelah proses konseling
       Penilaian Hasil tertulis       : Laiseg, Laijapen dan Laijapang

2.     Alat Penilaian  :
Berupa  Angket Laiseg, Laijapen dan Laijapang  ( Terlampir )

IX.        Rencana tindak lanjut       :
-       Satu minggu setelah layanan dipantau dengan memberikan penilaian jangka pendek          ( Laijapen )
-       Satu bulan setelah layanan dipantau dengan memberikan penilaian jangka panjang             ( Laijapen )

Kinabulan, September 2015
Mengetahui
Kepala SMPN 1 Mujamaju                                                            Guru BK/Konselor




Dra. Kepala Sekolah, M.Pd                                                          Drs. Konselor, Kons.
NIP.                                                                                            NIP.


Lampiran 1 : Instrumen observasi/ pengamatan

Isilah dengan memberi  tanda cek ( Ö ) pada kolom ya atau tidak sesuai dengan keadaan waktu proses konseling berjalan.

NO
KEGIATAN KONSELI
YA
TIDAK
1
Konseli aktif mengikuti proses konseling


2
Konseli mengungkap permasalahan dengan terbuka


3
Konseli menemukan penyebab masalah


4
Konseli mampu menemukan alternatif pemecahan masalah


5
Konseli mampu merencanakan langkah pelaksanaan hasil konseling


6
Konseli mau diajak konseling lanjutan





Kinabulan, ………………….2015
Observer



.......................




















RAHASIA
Lampiran 2 : Laiseg
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

LAISEG

Hari, Tanggal Layanan :  ........................................................
                        Jenis Layanan              : Konseling Individual
               Pemberi Layanan         :Drs. Konselor, Kons.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1.      Topik/ masalah  apakah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? ...................................................................................................................................................
2.      Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang Anda peroleh dari layanan tersebut? .....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Bagaimanakah perasaan Anda setelah mengikuti layanan tersebut? .....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Hal-hal apakah yang akan Anda lakukan setelah mengikuti layanan tersebut? ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Apakah layanan yang Anda ikuti berkaitan langsung dengan masalah yang Anda alami?
a.      Apabila ya, keuntungan apa yang Anda peroleh? ......................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.      Apabila tidak, keuntungan apa yang Anda peroleh? ......................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                  ................, ............................



                                                                                                                        ....................................
               




RAHASIA
Lampiran 3 : Laijapen
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


                                                            LAIJAPEN


Hari, Tanggal Layanan :  ....................................................
                        Jenis Layanan              : Konseling Individual
                        Pemberi Layanan         :Drs. Konselor, Kons.


Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1.     Apa masalah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? ...........................................................................................................................................................
2.     Bagaimanakah kondisi masalah tersebut sekarang?
a.     Hal-hal apa yang telah Anda lakukan secara nyata untuk mengatasi masalah tersebut? .........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.    Perbaikan apasajakah yang telah terjadi?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.     Bagaimanakah Anda menyikapi masalah tersebut sekarang?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.     Berdasarkan gambaran no. 3, berapa persen masalah yang Anda alami tersebut yang telah terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
a.     95 % - 100 %
b.    75 % - 94 %
c.     50 % - 74 %
d.    30 % - 49 %
e.     10 % - 29 %
f.     Kurang dari 10 %
g.    Semakin berat
h.     ..........................

4.     Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                  ................, ............................




                                                                                                ....................................
               


RAHASIA
Lampiran 4 : Laijapang                     
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
                                                            LAIJAPANG

Hari, Tanggal Layanan :  ....................................................
                        Jenis Layanan              : Konseling Individual
                        Pemberi Layanan         :Drs. Konselor, Kons.

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
5.     Apa masalah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? ...........................................................................................................................................................
6.     Bagaimanakah pengaruh masalah Anda tersebut terhadap kehidupan Anda sekarang?
a.     Masih adakah pengaruh negatif yang diakibatkan oleh masalah tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.    Bagaimanakah kondisi Anda sekarang dengan telah ditanganinya masalah Anda tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.     Bagaimanakah Anda menyikapi masalah tersebut (kalau belum terentaskan) atau kemungkinan timbulnya kembali masalah tersebut di masa yang akan datang?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.     Berdasarkan gambaran no. 3, berapa persen masalah yang Anda alami tersebut yang telah terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
a.     95 % - 100 %
b.    75 % - 94 %
c.     50 % - 74 %
d.    30 % - 49 %
e.     10 % - 29 %
f.     Kurang dari 10 %
g.    Semakin berat
h.     ..........................

8.     Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................                                                                                            ................, ............................



                                                                                                ....................................
                                                                                               

0 komentar :

Posting Komentar