RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN ( RPL )
BIMBINGAN
DAN KONSELING
LAYANAN
KONSELING INDIVIDU
I.
A. Sekolah :
S
B. Kelas /Jurusan : IX.1
C. Sasaran
Layanan : Konseli kode : An 201401
D. Alokasi
waktu : 1 x 45 Menit
E. Bidang
Layanan : Belajar dan Karir
F. Fungsi
Layanan : Pemahaman dan Pengentasan
G. Bentuk
Layanan : Individual
H. Tempat
Layanan : Ruang Konseling Individual
II.
Topik/permasalahan:
Kebingungan menentukan pilihan
studi lanjutan ( SMA atau SMK) menyebabkan malas belajar
III.
Kompetensi Tugas Perkembangan :
Tugas
perkembangan (6):
Mengembangkan
pengetahuan dan karir untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau
persiapan karir serta berperan dalam kehidupan di masyarakat
IV.
Tujuan Layanan:
Konseli menjadi mantap belajar
V.
Materi
:
Bingung memilih studi lanjutan menyebabkan konseli
malas belajar
VI.
Langkah Kegiatan Layanan :
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
ALOKASI WAKTU
|
A
|
TAHAP
AWAL
1.
Penerimaan: situasi
konseling sejak awal menjadi tanggung jawab konseli, untuk itu konselor menyadarkan konseli
2.
Rapport dan penstrukturan
|
5
Menit
|
B
|
TAHAP
INTI
1.
Mengungkap penyebab masalah: Konselor memberanikan konseli
agar ia mampu mengemukakan perasaannya.
2.
Langkah treatment :
a.
Konselor menerima perasaan konseli serta
memahaminya
b.
Konselor berusaha agar konseli dapat memahami
dan menerima keadaan dirinya
c.
Konseli menentukan pilihan sikap dan tindakan
yang akan diambil
d.
Konseli merealisasikan pilihannya itu.
|
10 Menit
|
C
|
TAHAP
AKHIR
1.
Menyimpulkan hasil konseling
2.
Mengadakan evaluasi
3.
Menyusun jadwal pertemuan lanjutan
4.
Menutup konseling
|
5 Menit
|
VII.
Alat /Media /Sumber :
1. Angket minat
2. Data nilai rapor SMP/MTs Semester !,
2, 3, 4, dan 5
3. Prestasi non
akademik (jika ada)
VIII.
Rencana Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian :
a. Penilaian
Proses
Penilaian
terhadap proses pelaksanaan konseling dengan observasi ( terlampir)
b. Penilaian
hasil dengan interview :
- Understanding : Pemahaman baru
apa yang diperoleh konseli
- Comfort :
Bagaimana perasaan konseli setelah mengikuti
konseling
- Action :
Apa yang akan dilakukan konseli setelah proses konseling
Penilaian
Hasil tertulis : Laiseg, Laijapen dan
Laijapang
2. Alat Penilaian
:
Berupa Angket Laiseg, Laijapen dan Laijapang ( Terlampir )
IX.
Rencana
tindak lanjut :
- Satu minggu setelah layanan dipantau
dengan memberikan penilaian jangka pendek ( Laijapen )
- Satu bulan setelah layanan dipantau
dengan memberikan penilaian jangka panjang ( Laijapen )
Kinabulan, September 2015
Mengetahui
Kepala
SMPN 1 Mujamaju Guru BK/Konselor
Dra.
Kepala Sekolah, M.Pd Drs. Konselor, Kons.
NIP.
NIP.
Lampiran 1 : Instrumen
observasi/ pengamatan
Isilah dengan
memberi tanda cek ( Ö ) pada kolom ya atau tidak sesuai
dengan keadaan waktu proses konseling berjalan.
NO
|
KEGIATAN
KONSELI
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Konseli
aktif mengikuti proses konseling
|
|
|
2
|
Konseli
mengungkap permasalahan dengan terbuka
|
|
|
3
|
Konseli
menemukan penyebab masalah
|
|
|
4
|
Konseli
mampu menemukan alternatif pemecahan masalah
|
|
|
5
|
Konseli
mampu merencanakan langkah pelaksanaan hasil konseling
|
|
|
6
|
Konseli
mau diajak konseling lanjutan
|
|
|
Kinabulan,
………………….2015
Observer
.......................
RAHASIA
|
PENILAIAN
HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
LAISEG
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan : Konseling Individual
Pemberi Layanan :Drs. Konselor, Kons.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1. Topik/ masalah apakah yang telah dibahas melalui layanan
tersebut?
...................................................................................................................................................
2. Hal-hal atau
pemahaman baru apakah yang Anda peroleh dari layanan tersebut?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Bagaimanakah
perasaan Anda setelah mengikuti layanan tersebut?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Hal-hal apakah
yang akan Anda lakukan setelah mengikuti layanan tersebut?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apakah layanan
yang Anda ikuti berkaitan langsung dengan masalah yang Anda alami?
a. Apabila ya,
keuntungan apa yang Anda peroleh?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Apabila tidak,
keuntungan apa yang Anda peroleh? ......................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Tanggapan,
saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................
................,
............................
....................................
RAHASIA
|
PENILAIAN
HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
LAIJAPEN
Hari, Tanggal Layanan :
....................................................
Jenis Layanan : Konseling Individual
Pemberi Layanan :Drs. Konselor, Kons.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
singkat.
1. Apa masalah
yang telah dibahas melalui layanan tersebut?
...........................................................................................................................................................
2. Bagaimanakah
kondisi masalah tersebut sekarang?
a. Hal-hal apa
yang telah Anda lakukan secara nyata untuk mengatasi masalah tersebut?
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Perbaikan
apasajakah yang telah terjadi?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c. Bagaimanakah
Anda menyikapi masalah tersebut sekarang?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Berdasarkan
gambaran no. 3, berapa persen masalah yang Anda alami tersebut yang telah
terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
a.
95 % - 100 %
b. 75 % - 94 %
c.
50 % - 74 %
|
d. 30 % - 49 %
e.
10 % - 29 %
f.
Kurang dari 10 %
|
g. Semakin berat
h.
..........................
|
4.
Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda
sampaikan kepada pemberi layanan?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
................,
............................
....................................
RAHASIA
|
PENILAIAN HASIL
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAIJAPANG
Hari,
Tanggal Layanan :
....................................................
Jenis Layanan : Konseling Individual
Pemberi Layanan :Drs.
Konselor, Kons.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
5. Apa masalah yang telah dibahas melalui layanan tersebut?
...........................................................................................................................................................
6. Bagaimanakah pengaruh masalah Anda tersebut terhadap
kehidupan Anda sekarang?
a. Masih adakah pengaruh negatif yang diakibatkan oleh
masalah tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Bagaimanakah
kondisi Anda sekarang dengan telah ditanganinya masalah Anda tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c. Bagaimanakah
Anda menyikapi masalah tersebut (kalau belum terentaskan) atau kemungkinan
timbulnya kembali masalah tersebut di masa yang akan datang?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Berdasarkan gambaran no. 3, berapa persen masalah yang
Anda alami tersebut yang telah terentaskan/ teratasi sampai sekarang?
a.
95 %
- 100 %
b. 75 % - 94 %
c.
50 %
- 74 %
|
d. 30 % - 49 %
e.
10 %
- 29 %
f.
Kurang
dari 10 %
|
g. Semakin berat
h.
..........................
|
8. Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda
sampaikan kepada pemberi layanan?
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ................,
............................
....................................
0 komentar :
Posting Komentar